PULAU TERSEMBUNYI DI KOTA TUAL

Kota Tual mungkin terdengar asing ditelinga beberapa orang Indonesia karena lokasinya yang terpencil di Maluku dan bersebelahan dengan Kabupaten Maluku Tenggara yang terkenal dengan Pasir putih halusnya yaitu pantai Pasir Panjang atau Ngurbloat. Tapi siapa sangka Kota Tual menyimpan pulau tersembunyi yang belum di explore oleh wisatawan. Salah satunya adalah Pulau Bair. Pulau Bair memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda dengan pulau pulau kecil disekitarnya, yaitu memiliki 2 teluk dengan air laut jernih dan tenang, vegetasi mangrove dan tebing batu. Sekilas Pulau Bair mirip dengan Raja Ampat Papua tapi dalam skala kecil. Pulau Bair juga sebagai tempat hidup anak ikan Hiu jenis Blackpit.

MM.jpg

Untuk menuju Pulau Bair cukup mudah. Dimulai dengan perjalanan darat dari pusat Kota Tual menuju Desa Dullah Darat dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4. Kita juga bisa menggunakan angkutan umum menuju Desa Dullah dari terminal angkutan umum yang ada di pelabuhan kapal Kota Tual. Setelah sampai di pelabuhan/dermaga Dullah Darat kita lanjutkan dengan perjalanan laut, menggunakan perahu speed yang harus kita sewa karena lokasi Pulau Bair terletak diujung dari deretan pulau – pulau yang ada di Desa Dullah Laut. Waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Dalam Perjalanan ke Pulau Bair kita akan melewati beberapa pulau kecil, salah satunya adalah Pulau Adrenan. Pulau Adrenan adalah pulau kecil seluas 500 m2 dengan daya tarik pasir pantai yang halus dan garis pasir pantai yang bergeser ke timur oleh karena perubahan musim timur dan barat, begitu juga sebaliknya.

download (15)

Pulau Adrenan cocok untuk yang senang bermain air di pantai dan berfoto-fot selfie. Setelah melewati beberapa pulau yang ada di Desa Dullah Laut kita akan sampai di Pulau Bair dan akan langsung disuguhi oleh tebing tebing batu yang mengelilingi Pulau Bair dan juga klo beruntung kita akan dapat melihat anak ikan hiu blackpit. setelah sampai di teluk pulau bair kita akan disuguhi kiri kanan tebing batu yang tinggi dan beberapa tebing batu yang ada di tengah teluk. Bila kondisi laut surut atau meti kita akan menemukan beberapa pantai yang bisa disinggahi karena tidak tertutup oleh air laut. Tips bagi teman teman yang ingin berkunjung kesana, bawa sunblock dan makanan minuman secukupnya serta jangan lupa membawa pulang sampah makanan atau minuman untuk tetap menjaga kelestarian alam. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Bair adalah pada musim Timur atau pada Pergantian musim Timur ke barat atau pergantian musim dari Barat ke Timur, bulan maret – bulan agustus. Karena lautnya tenang dan ombaknya kecil.

https://www.youtube.com/watch?v=McFGKjATIq8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s