PULAU OSI SBB

Pulau Osi adalah sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Seram Barat, Provinsi Maluku. Luas Pulau Osi hanya sekitar 9 Ha dengan panjang 600 meter dan lebar 200 meter. Walaupun pulau ini kecil tetapi daerah sekitarnya mempunyai potensi hasil laut yang besar. Daerah dengan terumbu karang yang beragam sebagai habitat dari berbagai jenis ikan. Kawasan Pulau Osi masih termasuk daerah Taman Wisata Alam Laut Pulau Marsegu yang luasnya 11.000 Ha meliputi pulau-pulau kecil di sekitarnya.

images

Masyarakat di pulau ini pekerjaannya sebagai nelayan dan menggantungkan hidupnya di laut. Banyak dari mereka yang membudidayakan rumput laut sebagai mata pencaharian. Berbagai Jenis ikan tersedia disini untuk para penggemar Sea Food dan “Ikan Bakar“. Ikan segar hasil tangkapan nelayan dari laut maupun keramba yang dibudidayakan oleh masyarakat sekitar.  Makanan yang unik dari laut disini adalah “Saroa” sejenis hewan laut yang mempunyai bulu (duri) menutupi tubuh dan sering dikonsumsi oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan stamina.

  Di bagian barat Pulau ini terdapat jembatan yang sering dipergunakan oleh masyarakat dan para pengunjung untuk merapat ke Pulau Osi bila mempergunakan perahu atau kapal kecil.  Pulau Osi mempunyai pantai yang dangkal dan berlumpur sehingga sulit bagi perahu atau kapal kecil untuk merapat saat air laut surut.

Sedangkan di bagian Timur juga terdapat jembatan yang menghubungkan Pulau Osi dan Desa Pelita Jaya di Pulau Seram. Dari arah barat sebelum menemukan jembatan tersebut akan dilihat sebuah lapangan yang luas dengan beberapa pohon Casuarina equasetifolia yang berjejer di sampingnya.

Di atas jembatan ini, dapat dilihat Pulau Osi dari kejauhan dan daerah pantai yang luas dengan merasakan hembusan angin laut yang sepoi-sepoi.

images.jpg

Pada gambar di atas terlihat Mahasiswa Jurusan Kehutanan Unpatti dengan kapal kecil sandar ke jembatan untuk turun ke Pulau Osi dan melanjutkan perjalanan ke Desa Pelita Jaya. Mahasiswa-mahasiswa tersebut baru saja tiba dari Pulau Marsegu setelah praktek selama beberapa hari di daerah Wisata Pulau Marsegu.

Jumlah penduduk di pulau ini kurang lebih 100 KK dan didominasi oleh masyarakat dari Sulawesi Tenggara yang sudah hidup beberapagenerasi dan menetap puluhan tahun di pulau ini. Sebagian penduduknya ada yang sudah dipindahkan ke Pulau Seram, karena luasan pulau ini kecil dan terbatas tidak dapat dikembangkan lagi. Pemukiman penduduk Pulau Osi yang dipindahkan ke Pulau Seram dekat desa Pelita Jaya namanya adalah Desa Restlement Pulau Osi.

  Di Pulau Osi tidak terdapat sumber air tawar, dulunya masyarakat sering mengambil air tawar dari Pulau Seram dan juga Pulau Marsegu. Sekarang sudah ada alat yang dapat menyediakan air tawar berasal dari destilasi air laut.

P

Menuju Pulau Osi dari Desa Pelita Jaya dengan Jembatan Kayu melewati beberapa pulau karang kecil dengan tumbuhan Mangrove di sekitarnya. Memasuki Pulau Osi terdapat beberapa tempat wisata dengan penginapan yang dibangun di atas laut dilengkapi dengan Restorant Sea Food. Tempat-tempat ini sering menjadi tujuan wisata dari masyarakat Maluku maupun dari luar daerah. Pulau Osi sudah menjadi destinasi wisata di Kabupaten Seram bagian Barat Provinsi Maluku.

Akesesibilitas/transportasi menuju Pulau Osi dari Kota Ambon melewati jalur laut dengan Ferry dari dermaga Hunimua menuju Dermaga Waipirit Pulau Seram. Dari Waipirit menuju Ibu Kota Kabupaten Seram Barat (Piru) kemudian dilanjutkan ke Desa Pelita Jaya. Dari Pelita Jaya dapat menggunakan sepeda motor melalui jembatan kayu yang panjangnya 630 meter dan 80 meter, menghubungkan Pelita Jaya dan Pulau Osi.

https://www.youtube.com/watch?v=02BcrXXDSyk

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s